Wabup H Nasaruddin SH MH : Apresiasi Polres Tahan Oknum Camat Pelecehan Seksual Dibawah Umur, Selasa 30 Agustus 2022

Wabup H Nasaruddin SH MH : Apresiasi Polres Tahan Oknum Camat  Pelecehan Seksual Dibawah Umur

Selasa, 30 Agustus 2022 - 15:56:16 WIB
Share Tweet Google +

PELALAWAN, CATATANRIAU.com | Wakil Bupati Pelalawan H Nasarudin, SH, MH mengapresiasi penahanan oknum camat Pangkalan Lesung oleh jajaran Polres Pelalawan yang terlilit kasus dugaan pelecehan seksual terhadap korban anak dibawah umur. Pemerintah Kabupaten Pelalawan tercoreng karena  kasus ini  dan menjadi tamparan keras bagi pemerintah. Hal ini disampaikannya menanggapi rumor yang berkembang  ada upaya menghalangi proses hukum, Selasa (30/08/2022).


"Sebagai wakil bupati saya menyampaikan, terima kasih kepada jajaran Polres Pelalawan yang telah memproses dugaan kasus pelecehan seksual dengan terduga oknum Camat Pangkalan Lesung. Hingga berujung kepada  penahanan dan proses hukum, tidak ada niat menghalangi proses hukum. Tersangka yang berbuat kasus, pihak lain diseret seretnya. Kalau perlu proses eksekusi cepat dan hukum yang berat," terang Wakil Bupati Pelalawan, H Nasarudin, SH MH.

Dijelaskan wabup, pasca penahanan terhadap oknum camat, dimana sore harinya, dirinya bersama Plt Kadis Pemberdayaan Perempuan dan KB langsung turun ke lokasi memastikan kondisi korban. Selaku pimpinan daerah cepat merespon kejadian.

"Kita langsung menfasilitasi korban untuk mendapatkan perawatan di Puskesmas terdekat serta memberikan layanan perlindungan dan konseling bagi korban agar segera pulih secara fisik maupun psikologis," bebernya.

Justru sambungan dirinya, bersama Bupati Pelalawan H Zukri langsung menonaktifkan terduga pelaku dan lusanya.  Kebijakan penonaktifan dikeluarkan dan menunjuk pengganti Pelaksana Harian mengisi jabatan camat.

Diakui wabup ada pertemuan. "Memang terduga pelaku sempat menemui saya dan saya terima kedatangannya karena terduga pelaku adalah bawahan kami di jajaran aparatur Pemerintahan di Kabupaten Pelalawan dan saya sampaikan ke terduga pelaku bahwa beliau kita non aktifkan," imbuhnya.

Bahkan demi lancarnya,  penindakan atas kejadian ini dirinya juga memberikan keterangan pelengkap  kepada Polres Pelalawan terkait kasus ini. "Memang saya dimintai keterangan oleh penyidik, itu bersifat memberikan keterangan melengkapi berkas agar kasus menjadi lancar," tegasnya.

Wabup Nasarudin menghimbau kepada seluruh masyarakat Pelalawan khususnya, dikalangan pejabat agar kasus pelecehan tidak terjadi lagi, terutama melibatkan anak dibawah umur dilingkungan sekolah. 

Seterusnya, ia berharap kepada ASN dilingkup pemda Pelalawan agar senantiasa selalu menjaga moral dan etika. Hal ini mengingat ASN merupakan sebagai abdi negara tentu harus memberikan contoh yang baik bagi masyarakat.

Wabup berpesan khusus kepada sekolah, agar selalu memonitor anak magang atau praktek lapangan. "Kita berharap ini kejadian pertama dan terakhir kasus pelecehan anak dibawah umur dan anak sekolah. Para guru harus serah terimakan anak magang tempatnya dan selalu di monitor. Begitu juga disekolah, jangan sampai terjadi bullying. Begitu juga dilingkungan masyarakatnya. Mari menjaga dan hukum harus dijalankan," pesan Wabup. ****


Laporan : E Pangaribuan 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex